Integrasi aplikasi Android dengan Firebase sangat membantu dalam mengembangkan aplikasi android, karena firebase memiliki fitur-fitu yang hampir lengkap.

Artikel kali ini, kami akan mencoba membagikan kepada anda, bagaimana cara Integrasi aplikasi Android dengan firebase. Fitur firebase yang nanti akan kami gunakan adalah Authentication, Real-time Database dan Storage.

Cara integrasi aplikasi Android dengan Firebase

Integrasi firebase dan android

Firebase memiliki banyak fitur-fitur yang cukup membantu dalam membangun aplikasi seluler, tidak harus seluler.

Intinya adalah bahwa ada banyak hal yang mungkin tidak ingin Anda buat dari awal sendiri, seperti penyimpanan file yang dapat diskalakan, kode backend (serverless), notification, analitik, dan banyak lagi.

Konfigurasi awal aplikasi Android dengan Firebase

Kita akan melakukan tahapan awal dalam konfigurasi, pertama kunjungi website firebase. Lalu disebelah kanan atas ada link yang bertuliskan BUKA KONSOL. Setelah itu anda akan diarahkan kehalaman baru, pada halaman ini anda bisa menambahkan proyek baru dan anda dapat melihat proyek-proyek yang pernah anda buat sebelumnya.

Konfigurasi awal aplikasi Android dengan Firebase

klik Tambahkan Proyek, setelah itu akan muncul pop-up window yang berisikan form. Silahkan anda isi form tersebut, berikut contoh isiannya

Konfigurasi awal aplikasi Android dengan Firebase

Klik tombol buat proyek. Setelah itu, anda akan diarahkan kehalaman dashboard dari firebase. Fitur-fitur dari firebase dapat anda lihat dibagian sebelah kiri.

Mari kita lanjutkan integrasi aplikasi Android dengan Firebase, klik ikon android.

Konfigurasi awal aplikasi Android dengan Firebase

setelah di klik, anda akan kembali diarahkan ke form lain.

Kami menggunakan proyek android pada artikel sebelumnya. jadi kami menginput com.tukangaplikasi.splashscreen sebagai nama paket android. Lalu kemudian ada field yang berlabelkan Sertifikat penandatanganan debug SHA-1. Untuk mendapatkanya silahkan anda lihat kebagian sebelah kanan Android Studio anda. Klik Gradle > android > signingReport, klik dua kali.

Konfigurasi awal aplikasi Android dengan Firebase

Setelah anda klik dua kali pada signingReport, dibagian bawa IDE Android Studio akan muncul panel baru, dipanel tersebut terdapat SHA1 nya, silahkan anda copy dan paste-kan SHA1 nya. Jadi kurang lebih hasil dari inputan kita seperti ini.

Konfigurasi awal aplikasi Android dengan Firebase

Klik Daftarkan aplikasi, setelah itu download file google-service.json. Kemudia copy file tersebut kedalam root proyek anda. Jika sudah, klik berikutnya.

Tahap ini, kita akan menambahkan plugin dari firebase ke aplikasi android yang kita bangun. Salin script berikut kedalam Splashscreen > build.gradle

 classpath 'com.google.gms:google-services:4.0.1'
Konfigurasi awal aplikasi Android dengan Firebase

dan salin script berikut ke Splashscreen/app/build.gradle

implementation 'com.google.firebase:firebase-core:16.0.1'

salin juga script dibawah ini, namun di luar dependencies.

apply plugin: 'com.google.gms.google-services'
Konfigurasi awal aplikasi Android dengan Firebase

Jika sudah, kembali buka halaman website firebase. Lalu klik berikutnya dan jalankan aplikasi-nya melalui emulator, akan ada proses untuk pengecekan yang dilakukan firebase, apakah integrasi aplikasi Android dengan Firebase yang kita lakukan berhasil atau tidak.

Jika anda tidak ingin menunggu, anda bisa melewati tahap pengecekan itu dengan mengklik link yang bertuliskan Lewati langkah ini.

Artikel tentang Integrasi aplikasi Android dengan Firebase sudah selesai, semoga bermanfaat. Silahkan anda coba , jika ada error anda dapat menanyakannya di kolom komentar.

Subscribe To Our Newsletter

Subscribe To Our Newsletter

Kami memberikan tutorial baru tiap harinya !!!

You have Successfully Subscribed!