Bagi anda yang terjun ke dunia blogging pasti sudah tak asing dengan istilah hosting. Jika dijelaskan secara singkat, hosting adalah suatu tempat dimana orang-orang yang mempunyai website menyimpan seluruh datanya. Anda bisa lebih mudah memahami teknisnya jika membayangkan hosting sebagai rumah dan semua isi website ialah perabotannya. Cara memilih hosting dengan tepat itu pun harus diperhitungkan sejak awal. Jangan sampai anda salah pilih karena akan berdampak pada website anda sendiri.

Cara Memilih Hosting Dengan Tepat

Supaya anda tak salah dalam memilih hosting, ada baiknya anda simak beberapa cara memilih hosting dengan tepat di bawah ini.

Mengetahui Kebutuhan Hosting

Anda tak akanpernah bisa memlilih hosting yang tepat jika tidak mengetahui kebutuhan yangsebenarnya anda perlukan. Oleh karena itu, sebelum anda memilih layananhosting, pastikan anda sudah menentukan kebutuhan anda terlebih dahulu. Ketahuiwebsite seperti apa yang anda inginkan, apakah anda sudah mengetahui CMS,apakah anda memerlukan aplikasi Window, software khusus, hingga seberapa besartraffic website anda.

Reliabilitas Server

Hal selanjutnya yang harus anda pertimbangkan ialah daya operasi yang 24/7. Anda membutuhkan hosting yang beroperasi pada server kuat dan koneksi jaringan stabil. Sebanyak 99,5% ke atas ialah skor uptime yang sangat disarankan. Untuk mengetahuinya,anda bisa membaca deskripsi hosting di media sosial maupun media massa. Selain itu, anda juga dapat melacak hosting dengan alat monitor server. Anda bisa menemukannya di mesin pencarian. Saat ini sudah banyak online tool yang dapat anda akses secara gratis.

Perhatikan Bandwidth

Pastikan anda juga memperhatikan bandwidth yang ditentukan penyedia hosting. Bandwidth ialah batasan akses data yang dimiliki server hosting. Saat server sudah mencapai batasan bandwidth, maka website tersebut tak bisa diakses (down). Hal ini mengakibatkan penurunan trafik karena ditinggalkan pengunjung. Untuk itu, pastikan anda memilih hosting dengan bandwith unlimited atau tanpa batas.

Memahami Garansi dan Kebijakan Refund

Supaya anda tak kehilangan banyak uang saat terjadi masalah, pastikan anda memahami garansi dan kebijakan refund hosting. Ada banyak layanan hosting yang ada di Indonesia dimana membebankan biaya pembatalan hosting begitu tinggi dalam masa garansi refund. Dalam hal ini, ada baiknya anda menanyakan terlebih dahulu mengenai kebijakan ini kepada support hosting untuk memastikannya.

Harga

Cara memilih hosting dengan tepat selanjutnya ialah harga. Perlu disadari bahwa harga sangat menentukan kualitas. Untuk itu, pastikan anda teliti saat memperoleh harga dari layanan hosting. Anda tentunya ingin memilih hosting kualitas baik dengan harga murah. Bahkan ada juga beberapa hosting yang disediakan secara gratis. Supaya tak salah memilih, anda bisa bandingkan harga dari beberapa penyedia layanan hosting. Setelah itu, anda sesuaikan layanan hosting tersebut dengan kebutuhan dan budget yang anda miliki.

Subscribe To Our Newsletter

Subscribe To Our Newsletter

Kami memberikan tutorial baru tiap harinya !!!

You have Successfully Subscribed!