Dalam penggunaan CMS WordPress seringkali terjadi load pada CPU dan juga memori yang sangat besar pemakaiannya. Tentu hal ini bisa menjadi kerugian yang besar bagi website yang anda miliki. Sebab kinerja website akan menjadi lambat atau bahasa kekiniannya menjadi lemot. Ini disebabkan berbagai macam faktor, diantaranya plugin yang dipakai, versi wordpress, serta optimasi script yang ternyata kurang baik untuk mempercepat kerja web wordpress yang anda miliki. Lalu bagaimana cara optimasi CMS wordpress?

: cara optimasi cms wordpress

Sebenarnya menggunakan CMS wordpress merupakan pilihan tepat untuk industri bisnis dibandingkan jenis CMS lainnya. Biaya yang dikeluarkan untuk marketing tool dengan wordpress menjadi keuntungan tersendiri, sebab biayanya murah. Sementara itu, cara optimasi CMS wordpress sebenarnya terbilang mudah karena tidak diperlukan keterampilan yang khusus dalam menggunakan CMS wordpress ini.

Begini Cara Optimasi CMS WordPress

Dibawah ini merupakan langkah-langkah untuk optimasi CMS wordpress agar bisa mempercepat kinerja dari web wordpress milik anda. Diantaranya adalah:

Update versi wordpress anda

Dalam meningkatkan keamanan dan mencegah bug di dalam wordpress, cek selalu versi wordpress. Selalu update jika ada update versi wordpress.

Update plugin

Dengan cara mengupdate plugin wordpress ke versi yang terbaru, ini bisa mengurangi penggunaan CPU yang tinggi. Bila menjalankan versi lama, maka lakukan agar dapat memperbaruinya. Yang menjadi catatan penting adalah saat menggunakan tema dan juga plugin bajakan bisa memperlambat kinerja wordpress. Dan selain itu juga termasuk perbuatan yang melanggar hukum.

Hindari plugin versi beta

Pemakaian plugin versi beta sebaiknya anda hindari. Pakai saja plugin yang full versi . Hal ini karena plugin versi beta saat ini masih memiliki masalah.

Install caching plugin

Caching plugin dalam hal ini seperti Wp Super Cache dan W3 Total cache. Keduanya dapat mengurangi beban besar CPU dan menyalin halaman statis pada web anda. File statis akan lebih sedikit memakai beban CPU dan memori, serta menjaga batas disk hosting. Bila sudah menggunakan plugin caching tapi sebelumnya masih tinggi, maka anda bisa set plugin caching dengan memakai pengaturan optimal.

Non aktifkanWP-Cron

Fungsi dari WP-Cron ini adalah mengelola event yang default, dipakai pada wordpress. Ini merupakan penyebab umum dari beban CPU yang tinggi. Caranya buka control panel, masuk ke file manager, edit file wp-config.php. Lalu paste code berikut : 

define(‘DISABLE_WP_CRON’, true)

Lalu save.

Versi PHP

Ini direkomendasikan sekali saat anda menggunakan PHP Versi 7. Ini adalah versi terbaru dan cocok untuk wordpress. Selain itu juga ada panel yang bisa melakukan perubahan versi php. Dengan menerapkan cara optimasi CMS WordPress tersebut, maka website anda kinerjanya akan lebih optimal dan CPU tidak akan cepat tinggi penggunaannya.

Subscribe To Our Newsletter

Subscribe To Our Newsletter

Kami memberikan tutorial baru tiap harinya !!!

You have Successfully Subscribed!