Membuat Blog dengan WordPress. Apakah anda ingin terjun dalam dunia blogging dan anda tidak tahu cara memulainya ? Kebetulan sekali, kali ini kami akan membahas artikel tentang membuat Blog Dengan WordPress.

Untuk memulai dengan WordPress tidaklah terlalu sulit, semoga artikel ini dapat membantu.

Membuat Blog dengan WordPress
Membuat Blog dengan WordPress

Namun, sebelum kita memulai ke tahap install WordPress ada beberapa hal yang harus anda siapkan sebelumnya.

Bagaimana cara membuat Blog dengan WordPress

Ada dua hal yang harus anda miliki, yaitu :

  1. Nama domain.
  2. Hosting Website. Jika, anda belum memiliki hosting atau domain silahkan kunjungi artikel ini https://tukangaplikasi.com/blog/cara-memilih-hosting-dengan-tepat

Ada beberapa langkah yang akan di jabarkan di sini. Seperti :

  • Install WordPress di dalam hosting.
  • Mengganti tema pada WordPress.
  • dan Install Plugin.

Penginstalan WordPress

Untuk contoh disini, kami akan menggunakan Cpanel yang tersedia dari rumah web. berikut langkah-langkah install WordPress :

Pertama, anda harus masuk atau login kedalam hosting, setelah itu anda scroll kebawah ke bagian softaculous apps installer (di dalam hosting saya secara default softaculous apps installer berada di bagian bawah). Setelah sudah ketemu, klik icon WordPress.

Penginstalan WordPress
Penginstalan WordPress

Jika anda sudah mengklik icon WordPress anda akan di arahkan ke halaman baru. Pada halaman itu terdapat penjelasan secara umum apa itu WordPress. Di bagian bawah penjelasan, ada 2 tombol yaitu Install Now dan My Apps. Klik Install Now.

Penginstalan WordPress
Penginstalan WordPress

Setelah itu, tab baru akan muncul. Tab ini berisi form yang akan anda isi dengan keinginan anda.

Penginstalan WordPress
Penginstalan WordPress

Berikut penjelasan tentang form diatas.

Software Setup

Choose the version you want to install. Bagian versi mana yang akan anda install. Di sini ada dua versi, versi 4.9.9 dan versi 5.0.2 (Pilih 5.0.2 agar sesuai dengan artikel ini).

Choose Protocol. Jika situs anda memiliki SSL (Secure Sockets Layer). Silahkan pilih yang ada HTTPS nya.

Choose Domain. Pilih domain mana yang akan anda instalkan WordPress.

In Directory. Di dalam folder mana WordPress akan di install.

Site Setting

Site Name. Nama dari situs anda.

Site Description. Deskripsi Situs anda.

Enable Multisite (WPMU). Untuk menggunakan fitur ini, hosting anda harus support Apache mod_rewrite. (Jangan di centang).

Admin Account

Admin Username. Username untuk anda login ke bagian dashboard WordPress.

Admin Password. Password untuk anda login ke bagian dashboard WordPress.

Email. Selain dengan username, anda juga dapat memasukan email anda untuk login.

Setelah semua sudah diisi, di bagian bawah ada tombol berwarna biru yang bertuliskan install, klik install.

Jika proses installasi lancar, maka seharusnya anda sudah dapat mengakses WordPress pada halaman domain anda.

Penginstalan WordPress

Install tema dan plugin pada WordPress

Ketika anda sudah selesai Membuat Blog dengan WordPress, anda belum selesai. Agar blog anda bekerja dengan baik dan sesuai keinginan anda, anda harus menambahkan plugin ataupun tema.

Untuk melakukan peng instalan tema dan plugin pada WordPress, anda harus masuk ke bagian dashboard, dengan cara. Buka wp-admin , contoh halamanwebsiteanda.com/wp-admin. Setelah itu akan muncul form login, seperti ini.

Install tema dan plugin pada WordPress
Install tema dan plugin pada WordPress

Setelah anda berhasil login, anda akan dialihkan ke halaman dashboard.

Cara install tema pada WordPress

Untuk install tema pada WordPress, silahkan anda pilih menu tampilan lalu pilih tema. Halaman yang terbuka berisi tema-tema bawaan dari WordPress. Jika nanti anda menginstall tema lain, tema tersebut juga akan muncul pada halaman ini.

Cara install tema pada WordPress
Cara install tema pada WordPress

untuk menambahkan tema baru anda bisa mengupload via FTP atau dengan mengklik tombol yang bertuliskan tambahkan baru di bagian atas di halaman tema. Setelah anda klik akan muncul banyak sekali tema disana, silahkan pilih yang anda suka, lalu klik tombol aktifkan dengan mengarahkan mouse ke gambar tema.

 Cara install tema pada WordPress
Cara install tema pada WordPress

Cara install plugin pada WordPress

Untuk melihat plugin apa saja yang sudah terinstall pada WordPress anda, silahkan klik menu Plugin di sebelah kiri. Hampir sama seperti cara kerja halaman tema diatas, halaman plugin ini berisikan dengan plugin-plugin bawaan dari WordPress dan plugin-plugin yang akan anda install nantinya.

Cara install plugin pada WordPress
Cara install plugin pada WordPress

Untuk install plugin WordPress baru, silahkan anda klik tambah baru di bagian atas halaman plugin. Setelah anda klik tombol tersebut, anda akan melihat tampilan grid dari beberapa plugin-plugin yang populer.

Cukup dengan mengklik Pasang Sekarang, anda sudah install plugin WordPress anda.

Cara install plugin pada WordPress
Cara install plugin pada WordPress

Hindari meng install 2 plugin berbeda yang memiliki fungsi yang sama. Karena itu mungkin saja akan berdampak pada kecepatan akses website anda. Untuk megnoptimasikan WordPress anda dapat membaca artikel disini https://tukangaplikasi.com/blog/cara-optimasi-cms-wordpress-yang-mudah-dan-efektif.

Membuat konten baru di WordPress

Secara default ada dua cara untuk memasukan konten ke WordPress yaitu dengan Pos dan Laman.

Membuat Pos atau Posts pada WordPress

Untuk membuat konten baru, anda tinggal mengklik tulisan pos di sidebar sebelah kiri. Secara default, tampilan akan seperti ini

Membuat Pos atau Posts pada WordPress

Gambar diatas merupakan isi dari menu Pos, didalam terdapat daftar dari artikel atau konten yang pernah anda buat.

Membuat Pos atau Posts pada WordPress

Gambar diatas adalah table dari daftar konten. Table itu memilik 6 kolom yaitu judul, penulis, kategori, tag, komentar dan tanggal.

Mari kita coba untuk menginput satu konten. Silahkan klik tombol Tambah Baru. Oh iya, baru-baru ini WordPress mengeluarkan texteditor baru yang bernama Gutenberg. Textditor ini bersifat block, seperti ini tampilannya.

Guttenberg

Untuk menambahkan judul, disana ada placeholder bertuliskan Add title, klik dibagian situ nanti anda dapat menginput huruf atau angka.

Jika anda ingin menginput artikel atau konten disamping tanda tambah sebenarnya ada textboxt, jadi klik saja dibagian situ.

Sedangkan dibagian kanan textbox ada 3 icon, ada icon gambar, headings dan copy. 3 icon itu dinamsi, tools dengn frekuensi penggunaan yang banyak akan muncul disana.

Dibagian sebelah kanan dari textedit guttenberg ada sebuah kolom yang berisikan konfigurasi dari konten anda. Dibagi menjadi 2 bagian Document dan Block.

Dibagian Document terisi dari

  • Status dan Visibility.
  • Permalink.
  • Kategori.
  • Tag.
  • Gambar unggulan.
  • Excerpt.
  • Dan Discussion

Isi dari Document akan bertambah jika anda menginstall plugin baru yang berhubungan dengan konten. Seperti Yoast SEO , Divi Builder dan lain-lain.

Dibagian Block terisi dari konfigurasi dari dari block yang sedang aktif. Jadi, jika anda sedang tidak mengaktifkan block dari Gutenberg ini , tidak akan ada opsi disana.

Membuat laman pada WordPress

Untuk mulai membuat laman tidak jauh dari pembuat kontent pad WordPress melalui pos. Dan untuk daftarnya pun hampir sama, hanya saja didalam laman tidak ada kategori dan tag.

Daftar laman

Didalam texteditor laman pun juga menggunakan Gutenberg. Di bagian kananya pun juga terbagi menjadi 2 bagian Document dan Block. Namun isinya hanya sedikit. Secara default ada 4 :

  • Status dan Visibility.
  • Gambar unggulan.
  • Discussion
  • Dan Attribut halaman

Kita sudah hampir membahas hal-hal umum tentang membuat blog dengan WorPress. Dari Pengistalla awal, install WordPress, install tema pada WordPess, install plugin pada WordPress hingga membuat konten pada WordPress.

Selanjutnya, anda tinggal mengoptimasi SEO pada halaman website anda, anda dapat membaca artikel tentang SEO di sini https://tukangaplikasi.com/blog/apa-itu-seo

Baca juga artikel tentang : https://tukangaplikasi.com/blog/hasilkan-uang-tanpa-modal-dengan-menulis-blog

Sekian artikel tentang membuat blog dengan WordPress, semoga bermafaat.

Subscribe To Our Newsletter

Subscribe To Our Newsletter

Kami memberikan tutorial baru tiap harinya !!!

You have Successfully Subscribed!