Pada akhir-akhir ini, sering terdengar istilah LinkAja dalam layanan dompet digital. LinkAja merupakan proyek gabungan antara sejumlah bank BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Munculnya LinkAja merupakan salah satu langkah dari BUMN guna menghadang ekspansi oleh Go-Pay dan OVO dalam pelayanan dompet digital.

Kedepannya, LinkAja akan dikelola oleh PT. Fintek Karya Nusantara atau Finarya yang dibentuk oleh Telkom dan berada di bawah Telkomsel. Pada tahap awal, Finarya akan membawahi T-Cash yang merupakan dompet digital Telkomsel. Dengan ini, maka T-Cash pun akan segera ditrasformasikan menjadi LinkAja.

2. Mengenal LinkAja (alinea.id).png

Pengertian LinkAja

LinkAja merupakan tekfin dari BUMN berbasis sistem QR Code atau kode respon cepat atau dompet digital. Dompet digital ini merupakan gabungan dari T-Cash milik negara, MyQR pada BRI, e-cash pada Mandiri, dan berbagai pembayaran digital Bank BUMN lainnya.

Program ini dibangun untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam transaksi layanan keuangan elektronik. Beberapa layanan pembayaran yang disediakan di LinkAja di antaranya adalah pembayaran tagihan bulanan seperti listrik, internet, air, kemudian transaksi di mitra LinkAja, moda transportasi, hingga jual beli online.

Pengguna LinkAja juga akan mampu mentransfer sejumlah dana ke sesama pelanggan atau ke nasabah bank yang tergabung dalam proyek ini. Isi ulang juga dapat dilakukan dengan melalui jaringan bank BUMN. Pembayaran menggunakan NFC dan QR Code pun juga dapat dilakukan melalui LinkAja.

Perkembangan LinkAja

Terkait dengan perizinannya, masih dalam pemrosesan oleh Bank Indonesia dan telah memasuki tahap akhir. Setelah mendapatkan izin dari pemerintah, LinkAja digadang-gadang akan mengalahkan Go-Pay dan OVO yang telah lebih dahulu terjun dalam layanan dompet digital.

Kemeterian BUMN menargetkan bahwa rilis LinkAja akan dilaksanakan pada bulan Maret 2019. Beberapa bank BUMN yang tergabung dalam LinkAja bersama Telkomsel di antaranya adalah Bank Mandiri, BTN, BRI, BNI, serta Pertamina.

Transformasi T-CASH ke LinkAja

Dengan adanya megaproyek dalam layanan keuangan elektronik di Indonesia ini, T-CASH segera bertransformasi menjadi LinkAja. Terkait dengan transformasi T-CASH, Telkomsel yang sebelumnya memegang T-CASH telah melakukan pemberitahuan resmi kepada para pelanggannya.




Terkait dengan perubahan ini, aplikasi T-CASH secara otomatis akan bertransformasi menjadi LinkAja. Adapun bagi pelanggan yang masih mengguakan USSD, maka diperlukan persetujuan melalui *800#.

Pelanggan T-CASH yang sebelumnya telah menggunakan berbagai fitur dan layanan di T-CASH tetap akan bisa menggunakannya di LinkAja. Bahkan, seiring dengan perkembangan, LinkAja juga akan lebih mengembangkan fitur baru untuk memberikan pelayanan yang terbaik.

Diharapkan LinkAja yang menjadi layanan keuangan elektronik yang menyeluruh ini dapat mempercepat terbentuknya cashless society yang telah diusung oleh pemerintah bersama dengan Bank Indonesia melalui Gerakan Nasional Non-Tunai atau GNTT. LinkAja juga menjadi pelengkap ekosistem pembayaran digital di tanah Air.

Jasa Pembuatan Website

Subscribe To Our Newsletter

Subscribe To Our Newsletter

Kami memberikan tutorial baru tiap harinya !!!

You have Successfully Subscribed!