Perbedaan Ecommerce dan Marketplace. Dalam dunia industri web, seringkali kita mendengar dua istilah yaitu ecommerce dan marketplace. Keduanya memang memiliki keterkaitan dalam transaksi online. Namun, masing-masing memiliki perbedaan yang cukup jelas.

Pengertian Ecommerce dan Marketplace

Ecommerce merupakan seluruh transaksi jual beli yang dilakukan oleh penjual dan pembeli melalui perantara internet. Segala bentuk media pemasaran di internet ini bisa disebut sebagai ecommerce dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa yang ditawarkan.

Sementara itu, marketplace merupakan bagian dari pelaksanaan ecommerce itu sendiri. Marketplaec berperan sebagai pihak ketiga yang menjadi wadah untuk terjadinya transaksi jual beli antara penjual dan pembeli. Dengan kata lain, marketplace menjadi tempat yang disediakan untuk para penjual menawarkan produknya, serta untuk para pembeli melihat penawaran produk.



Penjelasan Perbedaan Ecommerce dan Marketplace

Agar lebih jelas, berikut ini merupakan dasar-dasar perbedaan antara ecommerce dengan marketplace:

Single Vendor versus Multi Vendor

Marketplace menjadi tempat yang ditawarkan kepada beragai vendor untuk bisa bergabung tanpa dipungut biaya. Dengan ini, marketplace memiliki persaingan yang cukup ketat dalam memasarkan suatu produk atau jasa.

Sedangkan, ecommerce lebih mengarah pada aktivitas dari transaksi jual beli secara online dengan jangkauan yang lebih sempit. Situs ini hanya memberikan penawaran produkatau jasa dari satu vendor saja.

Sumber Profit

Sumber profit pada ecommerce berasal dari transaksi yang dilakukan oleh penjual dan pembeli. Walaupun tidak menutup kemungkinan bahwa ecommerce juga menyediakan jasa space iklan yang bisa disewakan.

Untuk marketplace, sumber profit berasal dari berbagai vendor. Sebab, karena hanya sebagai pihak ketiga, maka transaksi jual beli antara penjual dan pembeli tidak bisa menghasilkan profit.

Model Bisnis

Pada marketplace, model bisnis yang diterapkan adalah bisnis untuk bisnis atau B2B (business to business). Sebab, marketplace menjadi tempat yang melayani bisnis dari berbagai vendor yang ingin menawarkan produk atau jasanya. Sementara, pada ecommerce, model bisnis yang diterapkan adalah bisnis ke pelanggan atau B2C (business to customers) tanpa melibatkan badan bisnis lainnya.

Proses Pembayaran

Proses pembayaran juga menjadi dasar perbedaan antara marketplace dan ecommerce. Pada marketplace, uang pembayaran dari pelanggan akan disimpan terlebih dahulu. Setelah pihak vendor mengirimkan dan barang telah sampai kepada pembeli, maka uang akan segera diserahkan kepada vendor.

Adapun proses pembayaran pada ecommerce dilakukan secara langsung oleh pelanggan kepada vendor terkait. Sebab, tidak ada pihak ketiga yang mewadahi transaksi jual beli penjual dan pembeli.

Proses Pengiriman

Perbedaan ecommerce dan marketplace juga bisa dilihar dari proses pengirimannya. Marketplace mengirimkan barang dari berbagai tempat, sebab terdapat berbagai vendor yang tergabung di dalamnya. Sedangkan pada ecommerce, pengiriman barang dilakukan dari tempat yang sama, karena hanya berasal dari satu vendor saja.

Subscribe To Our Newsletter

Subscribe To Our Newsletter

Kami memberikan tutorial baru tiap harinya !!!

You have Successfully Subscribed!