Bila kita berbicara soal teknologi pasti tidak ada habisnya, sebab kemudahan yang diberikan menjadi alasan dari teknologi ini hadir di tengah-tengah kita. Teknologi memang bertujuan memberikan efisien waktu untuk manusia. Setiap peralatan yang dibuat selalu di-update semaksimal mungkin sehingga dapat menghasilkan teknologi yang prinsipnya sama tapi punya kualitas yang lebih tinggi tingkatannya. Misalnya pada teknologi analog dan digital mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan hal itu. Tapi apakah kalian tahu perbedaan teknologi digital dan analog?

1. Inilah Perbedaan Teknologi Digital dan Analog yang Perlu Diketahui (lisaainurohmahgmail.wordpress.com)

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang perbedaan teknologi digital dan analog. Kita akan ketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan teknologi digital dan apa pula yang dimaksud dengan teknologi analog itu.

Perbedaan Teknologi Digital dan Analog Serta Pengertiannya

Teknologi analog merupakan sebuah program sederhana di dalam proses pengiriman gelombang dengan transmisi gambar dan suara. Teknologi ini bisa bergerak secara manual dan punya dua karakteristik atau parameter yang penting. Yakni frekuensi dan isyarat analog amplitudo. Jarak pengiriman data analog punya jangkauan cukup jauh, namun teknologi ini mudah terpengaruh gangguan pada suara.

Sementara itu teknologi digital adalah program yang didukung teknologi berbasis komputerisasi. Teknologi digital punya kemampuan mengubah signal menjadi urutan bilangan biner atau berisi angka 1 dan 0. Bilangan ini hanya dapat dimengerti oleh komputer selain bahasa pemrograman. Sebab dalam teknologi digital didukung kemampuan komputer sehingga kualitas pengiriman data khususnya suara dan gambar bisa meningkat dan lebih baik dari analog.

Ini dia Perbedaan Dari Keduanya

Secara sederhana, analog berarti kuno dan digital artinya modern. Analog murah dan digital mahal, analog berarti tidak seperti digital yang identik dengan angka. Begitulah pemahaman sederhananya.

Sebenarnya analog dan digital lebih pada istilah penyimpanan dan penyebaran data. Data analog disebarkan lewat gelombang elektromagnetik secara terus-menerus dan banyak dipengaruhi faktor pengganggu. Sedangkan digital merubah data jadi sederhana yang terdiri dari angka 0 dan 1 sehingga lebih mudah disebarkan.

Untuk memahami perbedaan analog dan digital bisa dicontohkan pada pita kaset lagu dan juga file mp3. Saat mengcopy atau merekam pita kaset pastinya hasilnya banyak ditentukan dari alat perekamnya. Semakin banyak merekam ke tempat lain, kualitas suaranya juga berubah. Namun dengan mengkopi mp3 yang menerapkan teknologi digital, anda bisa memperoleh salinan yang sama persis dengan aslinya berapapun banyaknya.



Pada kamera bisa dilihat perbedaan kamera analog dan digital hanya pada media penyimpanannya. Bila kamera analog menyimpan data gambar dalam bentuk film dan harus diproses lebih dulu agar bisa mendapatkan fotonya. Sedangkan kamera digital menyimpan data dalam bentuk data digital yang dapat langsung dinikmati sesaat setelah anda memotret.

Selain itu, perbedaan teknologi analog dan digital juga bisa dilihat dalam bidang telekomunikasi. Teknologinya berbeda bukan berdasarkan jenis pesawat teleponnya namun dari sistem yang ada di central teleponnya. Meskipun mendukung sistem sentra digital butuh pesawat telepon khusus. Begitu pula dengan siaran televisi analog dan digital. TV analog bisa terganggu oleh cuaca, letak bangunan dan berbagai faktor lain. Sedangkan siaran digital punya kualitas lebih bagus dari suara dan gambarnya. Sebab datanya tidak mengalami gangguan ketika dikirim ke TV penerima.

Setelah mengetahui seperti apa perbedaan teknologi digital dan analog, kini anda sudah tahu apa saja teknologi yang masih menggunakan teknologi analog maupun sudah beralih ke digital. Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, maka sekarang juga sudah yang bisa anda temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Subscribe To Our Newsletter

Subscribe To Our Newsletter

Kami memberikan tutorial baru tiap harinya !!!

You have Successfully Subscribed!