Perbedaan UI dan UX mungkin saja banyak dipertanyakan oleh kebanyakan pemula yang menjalankan digital marketing. Di era kemajuan berbagai teknologi informasi dan komunikasi seperti saat ini, terdapat berbagai jenis strategi bisnis yang bisa dilakukan.

Halaman Pencarian Google memiliki UI dan UX yang bagus, dapat anda lihat. Susunan warna setiap font nya yang men-ciri khaskan merek dari google dan untuk urusan UX, halaman utama google tidak bertele-tele. Karena bersifat sebagai mesin pencari, google membuat textfield nya dengan ukuran besar.

Perbedaan UI dan UX

Sebelum beranjak pada perbedaan UI dan UX, alangkah baiknya apabila memahami terlebih dahulu pengertian dari UI dan UX. UI dan UX memanglah istilah yang seringkali muncul dalam digital marketing.

Pengertian UI danUX

UI merupakan singkatan dari User Interface, sedangkan UX adalah singakatan dari User Experience. UI dan UX merupakan suatu tampilan visual dalam alat pemasaran digital yang dilakukan melalui website. Kedua jenis tampilan tersebut dapat berperan dalam meningkatkan nama dari suatu bisnis atau perusahaan.

Perusahaan atau suatu bisnis lainnya umumnya akan membuat suatu website yang digunakan untuk pemasaran nama dan produk dari perusahaan atau bisnis tersebut. Website tersebut kemudian memerlukan tampilan visual yang menarik dan mudah diakses. Apabila website perusahaan menarik dan mudah diakses, maka dapat meningkatkan penjualan produk dan meningkatkan nama perusahaan tersebut.

Perbedaan UI dan UX dalam Digital Marketing

Meskipun UI dan UX merupakan jenis tampilan visual dalam suatu website perusahaan atau bisnis lainnya, namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Masing-masing jenis tampilan visual website tersebut memiliki fungsi masing-masing. Berikut beberapa perbedaan UI dan UX dalam digital marketing:

UI atau User Interface

UI merupakan tampilan visual yang berfokus pada pengindahan tampilan website. UI difungsikan untuk memperindah tampilan dari website, sehingga pengunjung akan merasa senang dan nyaman dengan tampilan visual dari website tersebut. Beberapa pengaturan UI misalnya pengaturan warna yang akan diterapkan pada suatu website. Termasuk juga pengaturan font yang digunakan dalam website, serta bentuk visual lainnya.

Umumnya, UI akan dikelola setelah website selesai mengatur UX. Dengan adanya UI, maka pengunjung akan merasa nyaman ketika mengunjungi website perusahaan. Karena merasa nyaman, maka pengunjung pun bisa lebih lama dan lebih banyak menggali informasi dari website.

UX atau User Experience

Perbedaan UI dan UX adalah pada fungsinya. Jika UI berfungsi untuk mengatur keindahan tampilan visual website. Maka UX lebih berperan dalam mengatur tata kelola berbagai informasi yang ada di dalam website. UX berfungsi dalam mempermudah pengunjung untuk bisa mengakses berbagai informasi yang ditampilkan melalui website.

Dengan pengelolaan UX yang baik, maka pengunjung tidak akan bingung dalam mencari informasi dalam website. Pengunjung juga akan mendapatkan kepuasan karena bisa mendapatkan berbagai informasi yang dicarinya. Contoh pengelolaan UX adalah pengaturan susunan website, kemudahan akses ke halaman lain, dan struktur website.

Manfaat UI dan UX dalam Digital Marketing

Perbedaan UI dan UX beserta manfaatnya dalam digital marketing ini dapat digunakan untuk memahami langkah-langkah dalam digital marketing. Dengan mengetahui perbedaan UI dan UX beserta manfaatnya, maka pengelola website commercial perusahaan bisa mengelola website agar lebih menguntungkan.

Subscribe To Our Newsletter

Subscribe To Our Newsletter

Kami memberikan tutorial baru tiap harinya !!!

You have Successfully Subscribed!