Instalasi XAMPP merupakan hal pertama yang anda butuhkan jika anda ingin menjalankan file PHP (Berekstensi PHP) di komputer anda. Sebenarnya bukan XAMPP yang anda butuhkan melainkan komponen web server yang ada didalamnya.

Berbeda dengan file HTML (Berekstensi HTML), PHP membutuhkan web server. Mari kita mulai tahap-tahap dalam Instalasi XAMPP

Instalasi XAMPP

Instalasi XAMPP

XAMPP merupakan sebuah software gratis yang open source. Dalam XAMPP anda dapat menemukan web server, database mysql, dan lain-lain.

Untuk mendownload XAMPP anda dapat mendowloadnya disini Apache Friends. Instalasi XAMPP itu mudah, jadi kami yakin anda dapat melakukannya sendiri. Dalam proses instalasi XAMPP, Yang terpenting adalah pilihan komponen anda, jadi pilih seperti ini :

Instalasi XAMPP

dan untuk pemilihan folder penginstalan, kami untuk memilih folder diluar partisi harddisk yang memiliki data dari instalasi dari windows.

Menjalankan apache web server XAMPP

Dalam menjalankan apache web server XAMPP sering terjadi beberapa error yang menyebabkan apache tidak bisa jalan.

Untuk menjalankan apache, klik start pada bari apache.

Biasanya, hal yang membuat apache tidak bisa jalan adalah port yang konflik atau dalam kata lain port default apache pada xampp adalah 80.

Jika port 80 sudah dipakai anda dapat melakukan pergantian port, dengan cara seperti ini :

  • Dalam baris Apache kllik config > httpd.conf.
  • Temukan text ini Listen 80 dan ganti menjadi Listen 84
  • Teumkan text ini ServerName localhost:80 ubah menjadi ServerName localhost:84

Setelah itu simpan file dan coba jalankan ulang Apachenya. Seharusnya permasalah konflik port sudah diperbaiki dengan cara diatas.

Sekarang coba anda buka browser lalu masukan localhost:84, anda akan melihat sebuah laman yang memiliki judul Welcome to XAMPP.

Folder htdocs di XAMPP

Secara default untuk file PHP harus di letakan dalam htdocs, diluar itu PHP tidak bisa berjalan. Anda bisa merubahnya dengan mengitkuti tutorial ini

Untuk mencobanya, buat sebuah folder dengan nama test didalam folder htdocs. Lalu copy dan pastekan kedalam notepad lalu simpan kode dibawah ini dengan nama index.php, jika file yang anda simpan menjadi
index.php.txt hapus .txt lewat rename.

<?php echo "Hello World"; ?>

sekarang coba akses localhost:84/test via browser. Anda akan melihat tulisan Hello World di dalam browser anda.

Bagaimana proses Instalasi XAMPP mudah bukan ? jika anda mengalami kesulitan dalam proses instalasi XAMPP anda dapat bertanya melalui kolom komentar dibawah.

Jika anda tertarik dalam belajar tentang bahasa pemrograman PHP anda dapat mengunjungi link ini Belajar Bahasa Pemrograman PHP.

Sekian artikel Instalasi XAMPP , semoga bermanfaat. Sebarkan artikel Instalasi XAMPP agar teman-temanmu mengetahui caranya seperti apa.

Subscribe To Our Newsletter

Subscribe To Our Newsletter

Kami memberikan tutorial baru tiap harinya !!!

You have Successfully Subscribed!